Sepi Peminat, Daihatsu Luxio Temani Suzuki APV dan Nissan Evalia

Sepi Peminat, Daihatsu Luxio Temani Suzuki APV Dan Nissan Evalia

Di pasar otomotif Indonesia, mobil yang menawarkan kain luas dan sanggup menampung banyak penumpang memang menjadi favorit para konsumen. Akan tetapi, tak sema MPV mengalami nasib yang baik, sebut saja seperti Suzuki APV, Nissan Evalia, dan Daihatsu Luxio. Lalu, apa sih penyebab penjualan beberapa MPV tersebut tak sesuai target?

Sepi Peminat, Daihatsu Luxio Temani Suzuki APV Dan Nissan Evalia

Sepertinya, lesunya angka penjualan ketiga Low MPV di atas tak lepas dari selera konsumen. Di mana, selain fungsional, tampilan eksterior nyatanya juga tak jarang masih menjadi pertimbangan saat konsumen ingin membeli mobil. Mobil dengan desain kotak seperti Luxio, Evalia maupun APV di Tanah Air masih menjadi pilihan alternatif ke dua meski memiliki fungsi yang sama, bahkan ditawarkan dengan harga terjangkau sekalipun.

Tak hanya itu saja, bahkan jika mendasarkan atas data wholesales yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ketiga mobil yang menyasar di segmen Low MPV dengan desain boxy tersebut terus saja mengalami penjualan yang rendah. Dengan begitu, bisa diketahui bahwa selera konsumen di Indonesia lebih suka MPV dengan desain stylish daripada desain kotak atau boxy.

Lihat saja, walaupun sama-sama dihadirkan sebagai mobil keluarga, penjualan Suzuki APV dinilai memiliki perbedaan yang cukup jauh jika kita bandingkan dengan saudara kandungnya, Ertiga. Bukan tanpa alasan mengingat sepanjang tahun 2017 (Januari-September), APV hanya laku 3.227 unit. Sementara Ertiga bisa laku sebanyak 26.633 unit.

Begitu juga dengan Daihatsu Luxio yang berdesain “kotak banget” juga mengalami nasib yang sama. MPV garapan Daihatsu yang satu ini tak memiliki daya tarik mengingat sepanjang Januari sampai September 2017, Low MPV berdesain kotak ini hanya terjual sebanyak 3.425 unit saja.

Di sisi lain, tak berbeda jauh dengan keduanya, Nissan Evalia pun justru menjadi Low MPV yang paling terpuruk. Pasalnya, tipe Low MPV berdesain kotak yang sempat diisukan disuntik mati oleh PT Nissan Motor Indonesia selaku agen resmi mobil Nissan di Indonesia ini nyatanya masih layak dijual sebanyak walaupun hanya 17 unit dari Januari hingga September tahun 2017 ini. Dengan begitu baik Nissan Evalia maupun Suzuki APV bernasib sama dengan Daihatsu Luxio yang sama-sama tak banyak diminati konsumen.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!