Daya Saing Daihatsu Xenia Masih Tinggi

Meski saat ini pasar MPV mulai digoncang dengan kehadiran Xpander dan Wuling Confero, namun tampaknya Daihatsu Xenia masih memiliki posisi yang terbilang cukup “aman” di ranah pasar Tanah Air. Memang, kehadiran dari Xpander maupun Wuling Confero tersebut sempat menjadi dua model baru yang cukup menyita pasar otomotif nasional dalam dua bulan terakhir. Maklum saja mengingat hadirnya mobil anyar tersebut dianggap dapat memberikan warna dan pilihan baru bagi konsumen.

Daya Saing Daihatsu Xenia Masih Tinggi

Gencatan kedua mobil buatan Mitsubishi maupun Wuling tersebut pun dibuktikan dengan capaian penjualan terakhir di bulan September 2017. Di mana, menurut data wholesales (penjualan pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), diketahui bahwa Mitsubishi Xpander telah berhasil mencatat 1.096 unit sedangkan untuk Wuling Confero S mencapai 1.391 unit. Sebuah pencapaian yang cukup mengesankan sebagai mobil yang belum lama diperkenalkan. Lalu, dengan capaian penjualan yang begitu signifikan tersebut, apakah bakal menggoyahkan pemain lama di pasar Low Multi Purpose Vehicle (MPV)?

Kaitannya dengan hal tersebut, Daihatsu Xenia yang disebut sebagai pemain lama pun dikabarkan tetap aman-aman saja mengingat tak ada penurunan penjualan. Hal itu disampaikan oleh Amelia Tjandra selaku Marketing PT ADM yang menyatakan bahwa saat ini penjualan Daihatsu Xenia masih yang stabil. Menurutnya, hal itu tak lepas dari selera para konsumen.

Di sisi lain, Daihatsu Xenia sendiri juga diketahui masih menjadi salah satu MPV andalan yang msih memiliki konsumen loyal. Bukan tanpa alasan mengingat kembaran dari Toyota Avanza tersebut, sampai detik ini masih menduduki urutan ke dua dengan penjualan secara retail sales (dealer ke konsumen) rata-rata sebesar 3.200 unit per bulan. Tentu saja, dengan angka penjualan tersebut maka membuat Daihatsu Xenia ini menjadi salah satu MPV yang sulit dikalahkan oleh pendatang baru. Namun, apakah hal tersebut sanggup bertahan lama? Pastinya, masih menjadi misteri yang belum terungkap mengingat baik Xpander maupun Confero sampai saat ini terus menunjukkan peningkatan penjualan yang cukup signifikan.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!